Friday, March 8, 2013

Tips dan Pertolongan Pertama Pada Hidung Berdarah (Mimisan)

Pertolongan Pertama Pada Mimisan ---Saat terjadi pendarahan dari hidung yang keluar lewat
lubang hidung, atau yang biasa disebut dengan mimisan biasanya disebabkan hal berikut ini. Secara umum penyebab hidung berdarah ini dibagi menjadi 2 yaitu Lokal dan Sistematik.
Pertolongan Pertama Pada Mimisan
Penyebab Hidung Berdarah (Mimisan)
Lokal
Untuk penyebab lokal biasanya disebabkan oleh kelalaian kita sendiri saat beraktivitas, baik itu karena kecelakaan lalulintas, terkena pukulan benda keras yang mengakibatkan tulang hidung patah, atau bahkan bisa disebabkan karena mengorek hidung yang terlalu keras sehingga luka pada mukosa hidung, dan masih banyak penyebab lain yang bisa membuat pendarahan lewat lubang hidung.
Sistematik
Lain halnya dengan penyebab lokal, penyebab Sistematik ini artinya penyakit yang tidak hanya terbatas pada hidung, yang sering meyebabkan mimisan adalah hipertensi, infeksi sistemik seperti penyakit demam berdarah, demam kuning, atau cikunguya, kelainan darah seperti hemofilia, autoimun trombositipenic purpura, dan leukemia.
Pada kesempatan kali ini OhAlami akan berbagi beberapa tips dan pertolongan pertama pada hidung berdarah seperti yang dirangkum DetikHealth yang mungkin bisa berguna jika ada di antara teman-teman kamu yang mengalami hidung berdarah. Langsung saja berikut infonya

Pertolongan Pertama Pada Mimisan
  • Mintalah korban untuk duduk dengan badan condong ke depan. Jangan lupa jaga mulut supaya tetap terbuka supaya darah tidak menutup jalan napas.
  • Pencet hidung sekitar 15 menit. Tekan di bawah tulang hidung pada bagian ujungnya, lepaskan perlahan.
  • Jangan biarkan korban melesitkan ingus. Apabila perdarahan terus berlangsung, pencet hidungnya lagi selama 5 menit dan pastikan korban tidak menelan darah yang keluar.
  • Tempelkan kain basah atau es yang dibungkus dengan kain pada hidung dan muka korban untuk mempersempit pembuluh darah.
  • Jika perdarahan masih berlanjut dan ada indikasi patah tulang, segera cari pertolongan medis.
Itulah beberapa info yang dapat dibagikan OhAlami pada kesempatan kali ini tentang Tips dan Pertolongan Pertama Pada Hidung Berdarah (Mimisan), semoga bermanfaat buat semua...
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com