Tuesday, December 10, 2013

Cara Mengobati Serta Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa

Cara Mengobati Serta Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa - Banyak sekali kabar orang yang terkena gigitan ular yang berbisa, hal tersebut bisa terjadi pada para petani yang lagi bekerja di sawah, para pendaki gunung dan lain sebagainya. Jika tidak cepat ditangani bisa berakibat buruk bahkan hingga berujung pada kematian, karena ada beberapa jenis ular yang memiliki bisa yang sangat mematikan.
Cara Mengobati Serta Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa
Lalu, bagaimana jika ada teman Anda yang terkena gigitan ular? Apakah pertolongan yang harus kamu lakukan? Untuk itu pada kesempatan kali ini Obat Herbal Alami akan berbagi sekilas Informasi Kesehatan tentang Cara Mengobati Serta Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa.

Resiko terkena gigitan ular memang kerap terjadi saat seseorang berada di sawah, hutan, danau dan lain sebagainya. Nah jika ada di antara teman kamu yang terkena gigitan ular berbisa, tentunya hal tersebut perlu penanganan cepat supaya bisa ular tidak menyebar sampai ke organ vital manusia seperti otak dan jantung. Berikut tips serta pertolongan pertama pada gigitan ular:

Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular
  1. Usahakan jangan panik, dan tetap tenang
  2. Jika bagian yang tergigit itu tangan atau kaki, maka diamkan bagian yang tergigit tersebut dan jangan bergerak agar racun/bisa ular tidak menyebar.
  3. Sebelum terjadi pembengkakan, sebaiknya segera lepaskan perhiasan seperti cincin atau gelang jika mengenakan perhiasan.
  4. Posisikan diri sebisa mungkin dan usahakan daerah gigitan lebih rendah dari jantung.
  5. Bersihkan luka, tapi jangan siram dengan air, dan tutup dengan kain bersih dan kering.
  6. Gunakan spalk atau bidai untuk mengurangi pergerakan daerah yang terkena, tapi usahakan tetap cukup longgar sehingga tidak membatasi aliran darah.
  7. Jangan gunakan turniket atau apapun untuk membendung daerah yang terkena gigitan.
  8. Jangan menggunakan es untuk meng-kompres area gigitan ular.
  9. Jangan memotong luka atau mencoba membuang racun.
  10. Cobalah untuk mengingat warna dan bentuk ular yang menggit sehingga Anda dapat menggambarkannya sehingga akan membantu dalam perawatan nantinya.
  11. Segera cari pertolongan lebih lanjut ke dokter ahli untuk menangani gigitan ular tersebut.
Demikian sekilas Informasi Kesehatan tentang Cara Mengobati Serta Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular Berbisa. Baca juga artikel lainnya tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sidaguri Bagi Kesehatan. Semoga tulisan ini bisa membantu serta bermanfaat buat semua...
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com