Monday, December 9, 2013

Manfaat Tanaman | Khasiat Sidaguri Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Sidaguri Bagi Kesehatan - Tumbuhan Sidaguri atau dalam bahasa latin disebut dengan (Sida Rhombifolia L) ini merupakan jenis tumbuhan yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl. Di Indonesia sendiri Sidaguri banyak dijumpai dan tumbuh liar di tepi jalan, halaman berrumput, hutan, ladang, dan tempat-tempat dengan sinar matahari cerah atau sedikit terlindung. Namun, walaupun merupakan salah satu jenis tumbuhan liar, ternyata Sidaguri menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Penasaran dengan Khasiat Sidaguri? Berikut ini Obat Herbal Alami akan berbagi sekilas Informasi Kesehatan tentang Manfaat Dan Khasiat Sidaguri Bagi Kesehatan.
Manfaat Dan Khasiat Sidaguri Bagi Kesehatan
Tumbuhan ini biasa juga dikenal dengan nama guri, sidaguri, saliguri (Sumatera) dan sadagori, sidaguri, otok-otok, taghuri, sidagori (Jawa). Tanaman ini merupakan jenis tanaman semak yang tumbuh liar dan banyak ditemui di pinggir selokan, sungai dan di bawah pohon besar. Mungkin selama ini masih banyak yang belum tau jika Sidaguri ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, karena tumbuhan ini mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu seperti alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak asiri. Adapun khasiat dari tumbuhan Sidaguri adalah sebagai berikut:

Khasiat Sidaguri Bagi Kesehatan
  • Mengobati Perut Mulas
  • Mengobati Penyakit Rematik
  • Mengobati Sakit gigi
  • Membantu menurunkan asam urat tinggi
  • Mengobati Cacing Kremi
  • Dan lain sebagainya
Itulah beberapa contoh manfaat yang bisa kita ambil dari tumbuhan Sidaguri untuk kesehatan kita. Sedikit catatan, Sidaguri mengandung zat Alkaloid dan efedrine, bagi orang yang sensitif terhadap alkaloid efedrine tidak disarankan untuk menggunakannya. Begitu pula anak-anak, wanita hamil dan menyusui (Djauhariya, 2004).

Demikian sekilas Informasi Kesehatan yang dapat dibagikan Obat Herbal Alami pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel lainnya tentang Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan. Semoga tulisan ini bisa membantu serta bermanfaat buat semua...
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com