Monday, January 20, 2014

Cara Mengatasi Serta Pertolongan Pertama Pada Cegukan

Cara Mengatasi Serta Pertolongan Pertama Pada Cegukan - Tentunya hampir setiap orang di dunia pernah mengalami yang namanya Cegukan. Cegukan atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan hiccups atau singultus dapat datang dengan tiba-tiba. Hal itu terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya, seseorang sering mengalami Cegukan setelah setelah selesai makan, atau minum.

Nah, apakah Penyebab Cegukan serta bagaimana cara menghentikannya? Untuk itu pada kesempatan kali ini Obat Herbal Alami akan berbagi sekilas Informasi Kesehatan tentang Cara Mengatasi Serta Pertolongan Pertama Pada Cegukan.

Sebelumnya kita akan mengulas sepintas tentang hal apa sajakah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cegukan, gejala yang sering dialami hampir setiap orang di dunia ini bisa saja disebabkan beberapa hal, seperti berikut :
Cara Mengatasi Serta Pertolongan Pertama Pada Cegukan
Penyebab Cegukan
  • Makan terlalu banyak
  • Makan terlalu cepat
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Menelan terlalu banyak udara
  • Merokok
  • Perubahan suhu yang mendadak di perut, seperti minum minuman panas dan kemudian makan dalam keadaan panas
  • Keadaan emosional seperti stres atau gembira
Cara Cepat Menghentikan Cegukan
Bila cegukan tidak kunjung berhenti, tentunya akan mengganggu kenyamanan Anda, berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan cegukan:

1. Minum Air Hangat
Meminumlah air hangat hingga rongga mulut terisi penuh,kemudian membungkuk, tutup hidung/tahan nafas.Sambil berdiri tegak telan air pelan-pelan dengan hidung tetap ditutup.
2. Posisi Saat Tidur
Tidur berbaring dengan kedua lulut ditekuk ke arah perut.lakukan teknik ini berulang-ulang hinga cegukan hilang.
3. Atur Nafas Dan Rileks
Tariklah nafas dalam kemudian keluarkan perlahan-lahan.ulangi hingga beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung dan keluarkan dari lubang hidung yang lainnya.ulangi secara bergantian.
4. Dengan Teknik Pijatan
Pijatlah bagian belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit.
5. Menelan Gula
Telanlah gula batu atau satu sendok gula pasir. Hal tersebut dipercaya mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.
Itulah dari beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk segera menghentikan cegukan, semoga informasi di atas bisa menjawab pertanyaan Anda selama ini baik itu mengenai Penyebab Cegukan maupun tentang Cara Menghentikan Cegukan.

Demikian sekilas Informasi Kesehatan pada kesempatan kali ini tentang Cara Mengatasi Serta Pertolongan Pertama Pada Cegukan. Baca juga artikel sebelumnya tentang Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak.
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com