Friday, November 8, 2013

Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan ---Tanaman Jenis Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius L) atau biasa disebut "pandan" saja merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, daun Pandan beraroma wangi yang khas. Namun taukah Anda jika Pandan juga bermanfaat bagi kesehatan kita? Selain digunakan untuk berbagai jenis masakan, daun pandan wangi juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat berbagai macam penyakit.
Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan
Lalu, apa sajakah manfaat atau khasiat pandan wangi bagi kesehatan? Pada kesempatan kali ini Obat Herbal Alami akan berbagi sekilas Informasi Kesehatan tentang Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan.

Tumbuhan Pandan mudah dijumpai karena sering ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Daun pandan biasa dipakai dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau. Sewaktu menanak nasi, daun pandan juga kerap diletakkan di sela-sela nasi dengan maksud supaya nasi menjadi beraroma harum. Selain itu tanaman pandan juga sering diolah menjadi obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Adapun khasiat dari daun pandan yaitu sebagai Sedatif, Stomakik, Tonik, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari segi penggunaannya, Tumbuhan Pandan Wangi ini sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, diantaranya adalah :

Ramuan Obat Dari Tumbuhan Pandan
1. Ramuan Antirematik dan pegal linu
3 (tiga) lembar daun pandan segar dicuci bersih dan diiris tipis. Seduh irisan daun dengan setengah cangkir minyak kelapa sambil diaduk secara merata, gunakan sebagai obat gosok setelah ramuan dingin.
2. Ramuan Penurun tekanan darah tinggi
Rebus daun pandan dengan air putih dua gelas hingga tersisa sekitar segelas air, minum pagi dan sore hari secara teratur hingga tekanan darah normal kembali.
Itulah beberapa contoh penggunaan tanaman pandan wangi sebagai obat, selain itu masih banyak lagi khasiat Tumbuhan Pandan Wangi untuk kesehatan kita, seperti Ramuan Mengatasi lemah syaraf, Ramuan untuk menghitamkan rambut, mengatasi ketombe, dan lain sebagainya.

Demikianlah sekilas Informasi Kesehatan dari Obat Herbal Alami pada kesempatan kali ini tentang Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan. Baca juga artikel lainnya tentang Mengenal Apa Manfaat Atau Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan. Semoga tulisan ini bisa membantu serta bermanfaat buat semua...
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com